AQIDAH-AKHLAQ di MI dan MTs

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Haii sobat blogger semua...
Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak sobat blogger sekalian untuk mengenal lebih dalam tentang "AQIDAH-AKHLAQ".


AQIDAH-AKHLAQ


Aqidah secara etimologi (bahasa) akidah berasal dari kata "aqadaya'qidu aqdan", berarti ikatan perjanjian, sangkutan dan kokoh.
Dalam pengertian teknis artinya adalah iman atau keyakinan.
Menurut istilah ialah dasar-dasar pokok kepercayaan atau keyakinan hati seorang muslim yang bersumber ajaran Islam yang wajib dipegang oleh setiap muslim sebagai sumber keyakinan yang mengikat.

Akhlaq secara etimologi berasal dari bahasa Arab, bentuk jamak kata khuluq atau al-khulq.
Khuluq atau al khulq secara bahasa antara lain berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku, atau tabiat.


Akhlaq Menurut Imam Al-Ghazali:
Akhlaq→ Perbuatan yang Konstan + Tanpa Paksaan dan Tekanan.



Fungsi Mata Pelajaran Aqidah-Akhlaq

 Mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam pendidikan berfungsi untuk: 
  1. Penanaman nilai ajaran Islam sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat;  
  2. Pengembangan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta akhlak mulia peserta didik seoptimal mungkin, yang telah ditanamkan lebih dahulu dalam lingkungan keluarga; 
  3. Penyesuaian mental peserta didik terhadap lingkungan fisik dan sosial melalui Aqidah Akhlaq. 
  4. Perbaikan kesalahan-kesalahan, kelemahan-kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pengamalan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. 
  5. Pencegahan peserta didik dari hal-hal yang negatif dari lingkungannya atau dari budaya asing yang akan dihadapinya sehari-hari. 
  6. Pengajaran tentang informasi dan pengetahuan keimanan dan akhlaq, serta sistem dan fungsionalnya. 
  7. Penyaluran peserta didik untuk mendalami Aqidah Akhlak pada jenjang pembelajaran yang lebih tinggi.


Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 Pelajaran Aqidah-Akhlaq di MI bertujuan untuk:
  • Menumbuhkembangkan aqidah melalui pemberian pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan. 
  • Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.


Ruang Lingkup Aqidah Akhlaq di MI
1. Aqidah 
2. Akhlaq
3. Adab Islami
4. Kisah Teladan



Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTs
 Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk:
  1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT. 
  2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam. kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.


Ruang Lingkup Aqidah Akhlaq di MTs
1. Aqidah
Dasar dan Tujuan Aqidah Islam:
Sifat sifat Allah; al-Asma' al-husna; iman kepada Allah: Kitab-Kitab Allah; Rasul- Rasul Allah; Hari Akhir; Qadha Qadar.

2. Akhlaq Terpuji
Ber-tauhid; ikhlas; ta'at; khauf; taubat; tawakal: ikhtiar; sabar; syukur; qana'ah; tawadzu'; husnudzon; tasamuh; dn ta'awun; berilmu: kreatif; produktif.

3. Akhlaq Tercela
Kufur: syirik: riya': nifaq: putus asa: ghadlab: 'ananiyah: thama': takabur: dendam: hasad: ghibah: fitnah: namimah.

4. Adab Islam
Adab beribadah; Adab kepada Orang Tua dan Guru; Adab kepada saudara, teman dan tetangga; adab terhadap lingkungan.

5. Kisah Teladan
Nabi Sulaiman A.S. dan umatnya; Ashabul Kahfi, Nabi Yunus A.S. dan Nabi Ayyub A.S.; Kisah Sahabat: Abu Bakar r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali bin Abi Talib r.a.




Sekian, terimakasih😊
Wallahul muwafiq illa aqwamith thariq
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KHAUF DAN RAJA'

MAQAMAT TAWAKKAL & MAHABBAH

First time blog!!! Introduce myself